Rabu, 02 Mei 2012

MENGENAL FORMAT SIARAN RADIO

FORMAT RADIO

Sebelum kamu membuat sebuah program siaran radio ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu format radio yang akan kamu gunakan, nah untuk proses penentuan format radio dapat dimulai dari menentuan visi dan misi yang ingin dicapai, selain itu  kamu juga harus mengetahui tentang khalayak yang akan dituju.

Baiklah kita pelajari Karakteristik Format stasiun menurut Michael C. Keith :

FORMAT
KARAKTERISTIK
Adult Contemporary (AC)
Untuk kaum muda dan dewasa dengan rentang umur sangat luas antara 25-50 tahun, berdaya beli tinggi. Menyiarkan musik pop masa kini, soft rock, balada. Menyiarkan berita olahraga, ekonomi, politik.
Format AC ini berkembang ke format lain seperti Middle of the Road, Album Oriented Rock dan Easy Listening.
Contemporary Hit Radio (CHR)
Untuk pendengar dengan rentang usia 12-20 tahun. Format paling populer yang berisi lagu baru, dan terlaris. Menyiarkan berita seputar gosip idola dan tips praktis. Sebelum CHR awalnya disebut TOP 40 Radio. CHR bisa disebut sebagai radio yang ketat memutar 30 rekaman terkini, bukan album lama, tidak memutar ulang sebuah lagu yang sama secara berdekatan, perpindahan antarlagu sangat cepat.
All News/All Talks
All Talks lebih dulu hadir pada tahun 1960 di Los Angeles dengan konsep siaran talk show interaktif mengupas isu-isu lokal. All News hadir kemudian tahun 1964 dimotori Gordon McLendon di Chicago dengan konsep berita buletin 20 menit berisi berita lokal, regional, dan dunia. Sasaran radio ini kaum muda dan dewasa berumur 25-50 tahun, berdaya beli tinggi. Berita dan bincang ekonomi-politik menjadi unggulan.
Classic/Oldies
Untuk kalangan dewasa dan tua berumur 35-60 tahun. Memutar lagu-lagu klasik, apresiasi penyanyi dan lirik lagu lebih penting dari lagunya. Menyiarkan berita kilas balik masa lalu, berita mistik. Oldies juga mencakup segmen beragam pada level ekonomi menengah ke bawah dengan dominasi musik dangdut dan kolaborasi

Catatan saya adalah dari beberapa format siaran di atas yang menunjukan karakteristik pendengar itu tidaklah sepenuhnya benar, hal ini disebabkan karena untuk saat ini kebiasaan dan pola pikir pendengar sangat berbeda dengan pola pikir pendengar ketika Michael C. Keith melakukan penelitian pada saat itu. So yang terpenting adalah melakukan penelitian ulang untuk menentukan karakteristik pendengar.


Mas Arifin Arie

0 komentar

Posting Komentar