Senin, 28 April 2014

7 Langkah Menuju Launching Radio Yang Sukses

Ketatnya persaingan dalam dunia radio khususnya dalam mengambil simpatik calon pendengar sangat terasa, terlebih radio yang baru on air. Jika sebuah radio yang baru akan mengudara kemudian tidak memiliki ide kreatif atau tidak memiliki konsep untuk launching maka bisa dipastikan radio tersebut akan jauh lebih sulit untuk mencari simpatik pendengar ketika nanti  sudah mengudara. Saya pastikan hasilnya akan jauh berbeda ketika diawal sudah melakukan konsep yang jelas untuk launching, sudah melakukan gebrakan. Kali ini saya akan berikan beberapa langkah agar Launching sebuah radio bisa menggemparkan di kota anda. Ingat,  salah satu faktor kesuksesan radio bisa anda lihat ketika stasiun radio anda sudah banyak diperbincangkan di masyarakat. Jadi sekarang waktunya mencuri perhatian.
  1. Radio yang anda kelola harus memiliki inovasi, dimana anda meletakan niche yang berbeda dengan radio lain. Misalnya: Radio lain memiliki segmen family, sedangkan radio yang anda kelola juga memiliki segmen yang sama. Apa yang harus anda lakukan? Yang harus anda lakukan jangan terlalu fokus kepada segmen yang sama, anda harus focus kepada minat, perhatian, dan hobby calon pendengar stasiun radio anda, cari inovasi terbaru karena itu adalah celah dimana anda bisa memulai atau masuk. 
  2. Kampanyekan radio anda semaksimal mungkin keberbagai media, buat press release, jalin kerjasama  ke sejumlah media cetak, elektronik(tv), media on line. Sampaikan kelebihan dan niche radio anda di banding dengan radio lain. Hal ini sangat penting, untuk meningkatkan kepercayaan dan branding.
  3. Galang aksi sosial. Ini jarang dilakukan oleh media yang baru launching, padahal ini salah satu cara efektif mencuri perhatian. Aksi social bisa dalam bentuk donor darah, sumbangan bagi orang yang tidak mampu, jangan lupa libatkan organisasi ternama untuk meningkatkan kepercayaan dan branding.
  4. Kemudian gerakan tim lapangan (reporter) untuk menemui sejumlah tokoh, komunitas, artis, pejabat atau calon pendengar  untuk dimintai greeting. Biasanya radio yang baru akan on air atau masa-masa transisi dimanfaatkan oleh non stop music saja, tapi kali ini anda harus ubah sedikit, masukan semua greeting yang sudah terkumpul. Ini akan menambah kepercayaan dan branding.
  5. Gerakan tim marketing, untuk mencari target iklan sponsor launching atau reguler. Berikan nilai lebih bagi yang beriklan dimasa launching.
  6. Buat acara off air yang biasanya tempat tersebut banyak dikunjungi oleh segmen radio anda, jika memang memiliki dana lebih hadirkan artis/tokoh local atau nasional, tapi jika tidak bisa maksimalkan ide kreatif untuk crew.
  7. Buat semacan komunitas, hal ini sangat penting untuk merangkul pendengar.

Silahkan di praktikan 7 langkah menuju launching radio yang sukses, semoga bermanfaat bagi anda yang baru memulai dalam dunia radio.


0 komentar

Posting Komentar